puji

Tuesday, April 17, 2012

jenis jenis nyamuk

Pada musim hujan yang tidak menentu seperti sekarang ini sangat rentan berbagai penyakit menyerang kita, seperti penyakit demam berdarah, malaria, maupun penyakit lain yang mudah mewabah, dan salah satu media penularan yaitu melalui nyamuk. Saat masih kecil dulu saya tidak diperbolehkan kalau tidur diwaktu pagi menjelang siang, karena katanya pada jam tersebut rawan terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti (pembawa virus DBD/ dengue). Entah benar atau tidak hal tersebut saya juga kurang pasti, lebih baik kalau kita mengetahui apa saja jenis jenis nyamuk disekitar kita, agar lebih mudah dalam membedakannya.


Jenis Jenis Nyamuk
1. Nyamuk Aedes aegypti, seperti yang saya katakan tadi nyamuk ini adalah jenis nyamuk yang dapat menyebarkan virus berbahaya dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Selain pembawa virus dengue, nyamuk Aedes aegypti juga dapat menyebarkan virus demam kuning dan chikungunya.

2. Nyamuk Anopheles Quadrimaculatus, adalah nyamuk berbahaya yang dapat menyebarkan parasit penyebab Malaria. Jenis nyamuk ini senang keluar baik pada siang maupun malam hari, hanya nyamuk betinalah yang diketahui dapat menyebarkan penyakit mematikan Malaria. 

3. Nyamuk Adedes Albopictus, atau lebih dikenal dengan nyamuk harimau. Nyamuk jenis ini keluar pada siang hari dan bisa menyebarkan berbagai penyakit berbahaya, Jenis nyamuk ini banyak ditemukan di Asia.

4. Nyamuk Culex Pipiens, adalah nyamuk yang dianggap tidak berbahaya. Memiliki ukuran tubuh kecil dan biasa kita temukan disekitar kebun maupun rumah.


Masih ada ribuan jenis nyamuk yang terdapat di dunia, untuk sementara itu saja jenis-jenis nyamuk yang saya ketahui, setidaknya kita lebih berhati-hati dengan gigitan nyamuk, karena bukan tidak mungkin penyakit berbahaya dapat tertular melalui nyamuk.

No comments:

Post a Comment

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified