puji

Monday, September 14, 2015

Alat –alat pada zaman megalitikum/zaman batu besar


Alat –alat pada zaman megalitikum/zaman batu besar

1. Menhir adalah suatu tempat pemujaan kepada roh nenek moyang yg hanya berlaku pada zaman prasejarah dulu,sekarang tidak.
 fungsi dari menhir adalah, semacam batu tegak yang ada diatas punden berundak berfungsi untuk pemujaan terhadap arwah nenek moyang.

























2.dolmen adalah meja batu” adalah susunan batu yang terdiri atas sebuah batu lebar yang ditopang oleh beberapa buah batu lain sehingga menyerupai (berbetuk) meja; berfungsi sebagai tempat untuk mengadakan kegiatan dalam hubungan dengan pemujaan arwah leluhur. Kata ini berasal dari bahasa Breton (Prancis Utara), “dol” yang berarti meja, dan “men” yang berarti batu. 


















3.waruga adalah Waruga mempunyai bentuk dan fungsi yang serupa dengan sarkofagus yaitu sebagai makam atau peti jenazah, tetapi pada waruga penempatan posisi mayat jongkok terlipat



 












4.sarkofagus adalah bangunan peti mati yang bentuknya seperti lesung, sarkofagus ini dianggap sebagai peti mati. Di dalamnya ditemukan tulang-tulang manusia bersama bekal kuburnya.
















5.punden berundak adalah adalah salah satu hasil budaya Indonesia pada zaman megalitik (megalitikum) atau zaman batu besar. Punden berundak merupakan bangunan yang tersusun bertingkat dan berfungsi sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang

No comments:

Post a Comment

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified